Demam Rematik sebelum Jantung Rematik

Peradangan pada tenggorokan akan menjadi fatal jika tidak segera di tangani. Peradangan tenggorokan biasa bisa mengakibatkan jantung rematik, jangan abaikan!

DOKTER – Sakit tenggorokan dan batuk banyak dialami manusia. Biasanya kita mengangani hal ini dengan mudah, hanya dengan minum obat batuk yang beli di apotek. Banyak sekali gejala dari radang tenggorokan sendiri, tidak disertai flu, bersin-bersin, pembengkakan getah kelenjar bening, mimisan, lidah yang berbintik. Sakit tenggorokan dan radang seperti ini bisa diatasi dengan meminum antibiotik saja. Namun, jangan pernah anggap remeh sakit tenggorokan yang berkelanjutan hingga 2-3 hari tidak ada proses pembaikan. Karena sakit tenggorokan jangka panjang akan menyebabkan gangguan penyakit yang lebih serius. Hal ini terjadi karena proses peradangan yang terjadi beberapa minggu bahkan bulan setelah sakit tenggorokan berlangsung.

Peradangan tersebut dapat menimbulkan demam rematik pada tubuh. Pada fase in, jantung rentan terkena jantung rematik yaitu kerusakan jantung permanen yang terjadi akibat peradangan rematik. Bagian dari jantung yang terkena imbasnya adalah katup jantung dan otot jantung.

SEBELUM JANTUNG REMATIK TERJADI, ADA FASE DEMAM REMATIK TERJADI.

Demam rematik terjadi biasanya pada daerah dengan lingkungan padat penduduk, tidak sehat, terbatasnya sarana kesehatan di daerah tersebut. Demam Rematik sendiri banyak terjadi pada anak usia 5-15 tahun.

Berikut merupakan Gejala dari demam rematik:

  • Nyeri sendi
  • Radang sendi (Terjadi pada lutut, siku, pergelangan tangan, pergelangan kaki, tangan)
  • Kelelahan
  • Peradangan pada jantung. Banyak terjadi pada anak”. Kondisi ini banyak terjadi karena kesulitan jantung memompa darah keseluruh tubuh.
  • Dada sakit
  • Batuk kronis
  • Detak jantung tidak beraturan
  • Peradangan pada saraf
  • Demam

Untuk demam rematik hingga sekarang masih belum ada obat yang dapat menyembuhkan. Namun demam rematik sendiri akan menurun dalam beberapa minggu hingga hitungan bulan. Tiap orang yang pernah mengalami demam rematik ini memiliki kemungkinan mengalaminya sekali lagi di masa yang akan mendatang. Pastinya akan memperbesar resiko kerusakan permanen pada jantung.

Pencegahan bisa dilakukan dengan meminum antibiotik dalam jangka panjang. Hal ini dilakukan untuk mencegah terulangnya demam rematik yang dapat menyebabkan Jantung rematik.

 

Demikian pembahasan saya mengenai Demam Rematik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *