Cara Efektif Penggunaan AC yang Murah supaya Tetap Awet

Banyak dari pengguna ac selalu mencari berbagai panduan bagaimana cara memaksimalkan penggunaan ac supaya tetap awet. Terlebih jika anda memiliki unit ac yang harganya cukup murah. Pastinya perlu perhatian ekstra ketika menggunakannya. Selain itu membuat ac untuk tetap awet dan tahan lama meski telah dipakai lama. Untuk itulah, perlu bagi para pengguna ac mendapatkan panduan supaya ac lebih awet dan tahan lama, serta mampu melakukan kinerjanya yang maksimal.

Jika anda menggunakan ac dengan sembarangan. Atau bisa dikatakan anda tidak menggunakan ac yang tidak bijak, pastinya maupun harga ac itu cukup mahal maka ac itu pun akan cepat rusak. Akibatnya biaya pengeluaran anda makin meningkat ditambah dengan tagihan listrik yang kian naik. Akhirnya yang terjadi, anda menyalahkan brand dari produk yang anda beli. Padahal jika melihat faktanya, banyak kesalahan yang telah dilakukan para penggunanya pada produk ac yang dibelinya. Ada banyak keluhan yang datang dari para pengguna sehingga beberapa toko elektronik harus menggantinya dengan melakukan garansi.

source of image: http://www.gree.id/news/all/all/ac-gree-f1-tipe-inverter-super-hemat-listrik-yang-bikin-pengeluaran-makin-irit

Pertama-tama, saat anda akan memilih sebuah produk ac yang akan dipasang di rumah, anda harus memastikan dahulu kapasitas dari ac untuk mencukupi kebutuhan di ruangan anda. Untuk mengetahui kapasitas ac yang akan anda butuhkan, maka anda bisa menghitung luas ruangan tempat anda akan pasang ac. Misalnya, ruangan anda berukuran 4×3 meter, maka anda membutuhkan BTU sebesar 6000.

Untuk itu, anda perlu memilih ac dengan kapasitas 1/2 pk yang BTU-nya 5000, ac 3/4 pk dengan btu sebesar 7000. Adapun selisih dari kedua tipe ac itu hanya selisih kurang dari 200 ribu. Untuk konsumsi listriknya pun selisih sekitar 200 watt. Dengan demikian, maka anda perlu memilih ac yang kapasitas 3/4 pk. Mengapa demikian? AC 1/2 pk yang anda gunakan dengan kebutuhan BTU sebesar 5000 tentu akan membuat kompresor bekerja lebih maksimal supaya ruangan menjadi lebih dingin.

Selanjutnya, ketika ac mati jangan langsung anda nyalakan kembali. Hal ini akan membuat kondisi ac anda menjadi tidak akan tahan lama. Anda harus membiarkan dahulu oli kompresor dan gas freon untuk beristirahat selama kurang lebih 1 menti. Dengan begitu, sudah pasti, kompresor ac akan menjadi lebih awet. Penggunaan ac yang demikian ini tentunya merupakan cara paling efektif untuk memperpanjang usia ac di rumah anda. Cek harga ac murah hanya di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *